Monday, June 25, 2007

Alla Vi Barn in Bullerbyn

tenang, jangan panik dulu dengan judul di atas.

ketika sedang mengganti-ganti saluran tv, saya berhenti di salah satu tv yang sedang memutar film dengan judul itu. tentu saja saya juga tidak tahu persis apa artinya.

tapi ada satu kata dari judul itu yang menarik perhatian saya. bullerbyn. mengingatkan saya kepada salah satu buku kesukaan saya di masa kecil. buku itu berjudul "anak-anak bullerbyn".

hmmm, apakah film ini diangkat dari buku itu?

sepertinya iya. film itu menampilkan gambar kusam suasana pedesaan eropa, mungkin sekitar tahun 70-80an. film itu juga menampilkan gambar sejumlah anak2 kecil dan kegiatan mereka.

saya tidak ingat sepenuhnya isi cerita buku yang sudah belasan tahun lalu saya baca itu. tapi saya ingat kalau saya suka sekali dengan cerita di buku itu yang menggambarkan kehidupan 6 orang anak kecil yang tinggal di sebuah desa yang hanya dihuni oleh keluarga mereka. saya juga masih ingat sampul buku yang tidak terlalu tebal itu berwarna putih dengan gambar pohon besar yang sedang berbuah dan anak2 yang bermain di pohon itu.

karena penasaran, sambil terus menonton film itu saya pun mulai googling. dan ternyata benarrrr!!! situs imdb memberikan jawaban yang telak benar. film swedia itu memang dibuat berdasarkan buku astrid lindgren yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berjudul anak-anak bullerbyn.

indahnya dunia. terus terang saya tidak mengerti isi film berbahasa swedia itu. saya juga tidak ingat lagi secara keseluruhan isi bukunya. tapi saya sangat sangat sangat senang bisa menonton film itu.

dulu saya hanya bisa membayangkan betapa indah, seru, dan menyenangkannya kehidupan anak2 bullerbyn. saya sangat ingin menjadi bagian dari mereka. saat menonton filmnya tadi, saya tidak lagi membayangkan itu.

yang saya bayangkan saat menyaksikan film itu adalah betapa indah, seru, dan menyenangkannya kehidupan saya dulu ketika masih menjadi anak2. dan saya pun sangat ingin kembali ke masa itu.

0 comments: