Tuesday, February 06, 2007

tentang mimpi

aneh rasanya ketika mimpi kita muncul dalam kehidupan nyata. tidak persis sama, tapi ada keterkaitan cerita dan kemiripan antara keduanya. sepertinya memang mimpi itu ingin menyampaikan sesuatu. beberapa kali saya pernah mengalami mimpi seperti itu, seperti mimpi saya beberapa hari yang lalu.

dalam mimpi itu, entah bagaimana awalnya, tiba2 muncul sosok pembantu seorang rekan kerja saya. kami pun bercakap2. dalam percakapan tersebut, tiba2 si pembantu mengatakan bahwa bos besar di kantor saya akan segera ditarik kembali ke kantor pusat, sudah ada surat resmi mengenai penarikan tersebut. si pembantu kemudian berpesan agar saya tidak menyampaikan ke rekan kerja saya bahwa ia telah membocorkan berita rahasia tersebut. dan mimpi pun berakhir.

tadi siang, dalam sebuah rapat di kantor, rekan kerja saya mengatakan bahwa pertengahan tahun ini bos besar akan kembali ke kantor pusat. sudah ada surat resmi dari kantor pusat mengenai penarikan tersebut.

saya pun langsung teringat kembali pada mimpi saya. apa iya?

beberapa tahun yang lalu saya juga pernah bermimpi tentang teman saya. dalam mimpi itu, saya melihat teman saya mengelus2 perut kakak saya yang tengah hamil. kebetulan pada saat itu kenyataannya memang kakak saya sedang hamil.

keesokan harinya saya ceritakan mimpi itu kepada teman saya. "wah to, jangan2 istri lo bentar lagi hamil nih," begitu komentar saya. si teman pun langsung mengamini komentar tersebut.

selang 1-2 bulan setelah itu, saya mendapat kabar bahwa istri teman saya itu hamil. hmmm...

untuk mimpi yang berkaitan dengan diri sendiri, saya pernah beberapa kali mengalaminya. salah satunya adalah ketika saya mendapat beasiswa sekolah di dataran eropa. saya kurang ingat persis mimpinya, tapi secara tersirat dalam mimpi itu saya termasuk salah seorang yang beruntung memperoleh beasiswa tersebut. dan kenyataannya, setelah itu saya mendapat surat pengumuman kelulusan tes untuk mendapatkan beasiswa itu.

ada dua buah mimpi lain yang masih saya ingat, meskipun mimpi itu kurang mengenakkan. pertama, saya bermimpi sedang chat dengan seorang teman yang sedang dekat dengan saya. dalam mimpi itu tiba2 dia mengatakan tidak mau berhubungan lagi dengan saya. saya pun langsung terbangun dan mengaktifkan komputer untuk online.

kebetulan teman yang muncul dalam mimpi itu terlihat online. saya sapa beberapa kali, tidak ada jawaban. hari2 berikutnya dia mulai jarang muncul. kalaupun ada, dia tidak pernah menyapa atau membalas sapaan saya. aneh. belakangan baru saya mendapat kabar kalau dia sedang dekat dengan orang lain. oops.

mimpi kedua masih tentang laki2, kali ini seorang teman dekat yang lain. sebetulnya sih bukan teman dekat, mungkin saya saja yang ingin menjadi teman dekatnya, hehe. saya kurang ingat detail mimpinya, tapi intinya dalam mimpi tersebut si teman secara tersirat, baik dari perilaku maupun perkataan, menunjukkan bahwa ia lebih tertarik dengan orang lain.

lucunya, setelah mimpi itu komunikasi di antara kita mulai berkurang, sampai akhirnya terputus sama sekali.

ah, apa iya mimpi merupakan salah satu alat untuk menyampaikan pesan mengenai kejadian di masa mendatang. mungkin itu semua hanya kebetulan belaka.

0 comments: