Thursday, December 20, 2007

sinterklas atau santa klaus?

dulu saya sempat mengira sinterklas sama dengan santa klaus. baru 2 tahun belakangan ini saya tahu bahwa ternyata mereka berbeda, meskipun punya tampilan yang sama.

berhubung yang mengatakan mereka berbeda adalah orang2 di utara sana, di kampung asalnya santa klaus, ya saya pun percaya. konon, santa klaus adalah bapak natal yang tinggal di lapland, desa kecil yang terletak jauh di utara sana. santa klaus dibantu oleh para elf (kalau tidak salah itu namanya, saya lupa) dengan seragam hijaunya. santa klaus mengendarai kereta yang ditarik oleh rusa2 besar.

sedangkan sinterklas lebih dikenal di daratan eropa, tepatnya di negeri belanda (alakh, istilah orang jaman dulu banget!). sinterklas dibantu oleh piet hitam, ajudan2nya yang berkulit hitam dan ditakuti anak2 kecil karena konon kabarnya suka mengurung anak2 nakal di dalam karung. kalau gak salah sih sinterklas tidak mengendarai rusa.

terus terang saya tidak yakin apa memang mereka benar berbeda. tapi paling tidak itulah yang dipercayai orang2 di utara sana. mungkin ini hanya masalah perbedaan versi kepercayaan pada karakter bapak natal.

4 comments:

Neko said...

perasaan elo dah pernah posting ttg ini deh di rumah lama..
tapi mungkin juga g salah, jangan2 ada blog orang yang nulis sama, hehehe..

Anonymous said...

mungkin aja sih. sbetulnya gara2 gw abis nonton liputan ttg santa claus di jaktv aja sih, yang bolak balik nyebut sinterklas untuk si santa claus, hehehe..

Anonymous said...

pasti yg beda itu kalau satan claus ... oops... thanks for the enlightment :D

Anonymous said...

kalo satan claus itu aslinya dari endonesa bran :D